Standarisasi Polis Asuransi Syariah Rampung Akhir Tahun

By Republika Newsroom

JAKARTA–Asuransi syariah beroperasi sesuai dengan prinsip-prinsip Islam. Ciri khas tersebut membuatnya berbeda dan dianggap menjadi alternatif dari asuransi konvensional. Karenanya asuransi syariah pun memerlukan standarisasi polis berbeda dari konvensional.

Praktisi asuransi syariah, Fahmi Basyah, mengatakan selama ini perusahaan asuransi syariah masih menggunakan standar yang berlaku di asuransi konvensional contohnya untuk asuransi kendaraan bermotor dan kebakaran.

“Selama ini asuransi syariah belum punya standarisasi, padahal sudah pasti beda standarisasi polisnya karena dari terminologinya saja sudah beda, dari istilah tertanggung penanggung dan peserta,” kata Fahmi kepada Republika, Rabu (7/10).

Dalam asuransi konvensional orang yang membeli produk asuransi disebut tertanggung dan perusahaan asuransi disebut penanggung. Dalam asuransi konvensional terjadi transfer risiko. Sementara di asuransi syariah memiliki prinsip tolong menolong antar peserta dan perusahaan asuransi berperan sebagai pemegang amanah.

Oleh Karena itu, lanjutnya, Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) membentuk tim untuk membantu pembuatan standar polis asuransi syariah. Fahmi yang menjadi salah satu anggota tim standarisasi polis menargetkan akhir tahun ini standarisasi polis bisa selesai. Tim tersebut diharapkan menghasilkan rekomendasi bagaimana standarisasi polis asuransi syariah.

Ia menambahkan saat ini adalah momen tepat bagi AASI sebagai representasi industri yang mendapat amanah membuat rekomendasi. Nanti, rekomendasi, kata Fahmi, dapat dijadikan standar sebagaimana yang dibuat Asosiasi Asuransi Umum Indonesia.

“Selama ini kita memakai versi konvensional boleh dikatakan darurat, tapi sampai kapan mau dikatakan darurat? Sehingga sekarang adalah waktu tepat, karena proses standarisasi polis ini sudah dimulai sejak periode kepengurusan AASI sebelumnya,” tandas Fahmi.

Proses standarisasi polis sempat tertunda karena prioritas mengejar pembuatan PSAK 108. PSAK 108 saat ini telah selesai dan tinggal diimplementasikan pelaku industri. gie/itz

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: