Jembatani Kebutuhan SDM Asuransi Syariah dengan Lab Syariah

JAKARTA–Problema link and match antara kebutuhan industri dan suplai SDM dari kampus dalam industri keuangan syariah tak hanya diperlukan di perbankan syariah, tetapi juga asuransi syariah. Untuk menjembatani kebutuhan tersebut setidaknya di ranah kampus dibentuk laboratorium asuransi syariah dengan aplikasi sama seperti di industri.

Praktisi asuransi syariah, Fahmi Basyah mengungkapkan apa yang dipelajari di kampus saat ini masih terdapat kesenjangan dengan industri. “Ada yang match tapi masih ada yang kurang dengan apa yang dibutuhkan industri. Contoh kita butuh SDM asuransi untuk create produk asuransi syariah dan memiliki kompetensi keuangan asuransi syariah,” kata Fahmi, Jumat (13/11).

Karenanya, tambah dia, untuk menjembatani kesenjangan hal itu setidaknya kampus membuat program simulasi seolah-olah di industri. “Jadi nantinya saat lulus mereka siap pakai dan industri juga terbantu. Untuk itu salah satu caranya adalah dengan seperti membuat laboratorium asuransi syariah, membenahi kurikulum, dan ada program simulasi,” jelas Fahmi.

Ia menambahkan saat ini pilot project laboratorium asuransi syariah sedang dikembangkan, tetapi belum ada kesepakatan dengan salah satu kampus dan masih dalam tahap penjajakan dan sharing. Dengan adanya sarana yang memfasilitasi antara industri dan kampus, ungkap Fahmi, industri pun dapat menyerap output lulusan-lulusan SDM dari perguruan tinggi. Ia pun menekankan perlunya kerja sama industri asuransi syariah dengan perguruan tinggi. “Kalau mau mempercepat industri asuransi syariah perlu ada kerja sama dengan kampus yang bersinergi dengan kebutuhan industri, sehingga lulusan SDM syariah ini bisa diserap,” kata Fahmi.

Pasalnya kini industri banyak yang merekrut SDM baru dan akhirnya harus memulai pendidikan asuransi syariah dari nol. Hal tersebut pun membutuhkan waktu yang cukup lama. Padahal, menurut Fahmi, dengan adanya sinergi dengan kampus maka akan dapat menciptakan SDM siap pakai dan dengan demikian mempercepat industri asuransi syariah. Selain itu, lanjutnya, pihak kampus pun dapat membuat riset ilmiah, dimana hasilnya juga akan berguna bagi industri.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: